Cara Membuat dan Menggunakan Akun WhatsApp Bisnis
Tutorial

Cara Membuat dan Menggunakan Akun WhatsApp Bisnis

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009 silam, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan. Saat artikel ini ditulis, WhatsApp telah digunakan lebih dari 1,6 miliar orang di seluruh dunia, baik untuk urusan pribadi maupun bisnis. 

Melihat animo pengguna WhatsApp yang banyak menggunakan aplikasi ini untuk kepentingan bisnis, akhirnya pada tahun 2017, WhatsApp resmi meriis WhatsApp Bisnis yang memiliki fitur-fitur yang menunjang kebutuhan pebisnis. 

Aplikasi WhatsApp Bisnis tersedia untuk sistem operasi Android dan iPhone, dan menyasar pemilik bisnis kecil untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan, terutama pada fitur pesan otomatis, sortis pesan dan menjawab pesan menggunakan auto teks.

Bagi kamu pemilik bisnis UKM yang tertarik menggunakan WhatsApp Bisnis sebagai saluran komunikasi kamu, dalam artikel ini kami akan menjelaskan apa itu WhatsApp bisnis dan bagaimana cara membuat serta menggunakan akun WhatsApp Bisnis. Oleh karena itu, simak artikelnya di bawah ini.

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

Seperti halnya WhatsApp standard, kamu harus membuat akun WhatsApp Bisnis terlebih dahulu jika ingin menggunakan aplikasi ini. Sayangnya, kamu tidak dapat menggunakan nomor yang telah didaftarkan pada WhatsApp Standard secara bersamaan dengan WhatsApp Bisnis. Sehingga kamu harus menghapus nomor yang telah didaftarkan pada WhatsApp Standard terlebih dahulu, sebelum membuat akun WhatsApp Bisnis

Jika sudah paham mengenai aturan penggunaan akun WhatsApp bisnis, kini saatnya kamu menyimak cara membuat akun WhatsApp Bisnis berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah download dan Install WhatsApp Bisnis terlebih dahulu melalui Google Play Store jika kamu pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.
  2. Jika proses instalasi sudah selesai, buka aplikasi dan klik Agree and Continue untuk melanjutkan proses pembuatan akun WhatsApp Bisnis. 
  3. Masukan nomor ponsel yang ingin kamu gunakan, sistem WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS dan kamu diminta untuk memasukannya pada kode tersebut pada aplikasi WhatsApp Bisnis.
  4. Tahap selanjutnya, isi nama bisnis kamu dan mengunggah foto profil. Yang perlu kamu perhatikan adalah nama ini tidak bisa diubah-ubah sehingga pastikan kamu mengisi nama dengan benar. JIka sudah, proses pembuatan akun WhatsApp Bisnis kamu sudah selesai dan bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan kamu. 
  5. Kamu juga dapat melengkapi profil bisnis kamu, seperti menambahkan alamat dengan maps spesifik, kategori bisnis, waktu operasional bisnis, dan alamat website kamu dengan cara mengaturnya melalui menu SettingsBusiness SettingsProfile.

Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis

1. Membuat Away Message

Menu lainnya adalah Away Message, menu ini akan membantu kamu tetap terhubung dengan pelanggan kamu ketika tidak sedang di tempat atau ketika jam operasional sudah tutup. Fitur ini akan memberikan jawaban otomatis yang dapat kamu atur ketika seseorang mengirimkan pesan.

Untuk mengaktifkan fitur Away Message, kamu dapat masuk pada menu Settings – Business Settings – Away Message, kemudian aktifkan toggle Send Away Message untuk mengaktifkan fitur ini, lalu isikan pesan yang kamu inginkan. Jika sudah, klik Save untuk menyimpan pengaturan kamu.

2. Membuat Greeting Message

Fitur Greeting Message juga merupakan fitur yang akan membantu kamu menjalin komunikasi dengan pelanggan, fitur ini akan mengirimkan pesan secara otomatis ke pelanggan yang sudah 14 hari tanpa komunikasi

3. Membuat Quick Replies

Berikutnya, Fitur Quick Replies pada WhatsApp Bisnis juga akan memudahkan kamu menjawab pertanyaan yang sering diajukan hanya dengan mengetikan kata kunci pada kolom chat. Fitur ini mirip dengan fitur Auto Text pada aplikasi Blackberry Messenger.

Dengan fitur ini, kamu akan menghemat waktu karena tidak perlu mengetikan pesan yang sama berulang kali. Dan untuk mengaktifkannya buka menu Settings – Business Settings – Quick Replies.

Kamu akan mendapati satu Quick Replies yang sudah tersedia secara default, yang berisikan ucapan terima kasih ketika mengetikan shortcut /thanks di kolom chat. Kamu dapat menambahkan quick replies dengan klik ikon Plus pada bagian bawah kemudian ketikan pesan yang kamu ingin beserta shortcutnya. Klik Save ketika selesai.

4. Mengaktifkan Fitur Keamanan

Secara default, setiap pesan dan panggilan yang dilakukan pada WhatsApp Bisnis terlindungi oleh enkripsi, yang artinya pesan kamu aman dari pihak luar yang ingin menyadap pesan dan pembicaraan kamu. Tidak hanya itu, WhatsApp Bisnis juga menambahkan fitur yang dapat memberikan kamu notifikasi jika kontak yang kamu hubungi mengalami perubahan kode konfirmasi. 

Kamu juga dapat meningkatkan keamanan akun kamu dengan menerapkan Two-Step Verification, fitur ini akan menerapkan dua langkah keamanan ketika ingin login akun WhatsApp Bisnis. Caranya adalah dengan masuk pada menu Settings – Account – Two-Step Verification. 

Selanjutnya, klik Enable kemudian masukan enam digit angka yang akan digunakan sebagai PIN, masukan kembali pin tersebut saat diminta.

Klik Next kemudian masukan alamat email kamu, kemudian klik Done. Kamu akan diminta untuk memasukan PIN dan Email saat akan login WhatsApp Bisnis mulai saat ini.

5. Membuat Pesan Broadcast

Berbeda dengan WhatsApp Standard, pada WhatsApp Bisnis kamu dapat melakukan mengirimkan pesan broadcast untuk menunjang kegiatan bisnis kamu. Sehingga kamu tidak perlu lagi melakukan penawaran kepada calon pelanggan satu persatu. 

Untuk membuat pesan Broadcast, pada menu utama klik New Broadcast

Tandai kontak yang ingin dimasukan sebagai penerima pesan broadcast kamu, kemudian klik ikon Centang Hijau jika sudah memilih.

Kamu akan dibawah ke halaman chat yang berisikan kontak yang telah kamu pilih, dan hanya tinggal mengetikan pesan penawaran kamu. 

6. Melihat Statistik

Setelah mengirimkan pesan Broadcast, kamu dapat menelusuri seberapa banyak kontak yang menerima pesan kamu pada bagian Statistics, kamu dapat mengetahui bagaimana impresi pesanmu kepada calon pelanggan. Pada bagian ini, kamu dapat melihat data jumlah pesan yang dikirim, diterima dan dibaca oleh calon pelanggan kamu. 

Demikian panduan cara membuat dan menggunakan akun WhatsApp Bisnis yang bisa kamu terapkan.

Gladie Anggriawan

Co-Founder & Business Development Manager PIWIQ.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *