Perbedaan Windows 10 Home dan Pro
Referensi

5 Perbedaan Fitur Pada Windows 10 Home dan Pro

Windows 10 memiliki beberapa beberapa versi yang bisa digunakan, versi tersebut antara lain Home, Pro, Enterprise dan Education. Dari keempat versi tersebut, Windows 10 versi Home dan Pro menjadi pilihan paling umum yang bisa digunakan.

Nah hal inilah yang seringkali membuat kita pengguna Windows 10 bingung, sebaiknya Install versi Home atau versi Pro ya?

Untuk itu, kami akan mencoba memberikan sedikit komparasi fitur antara Windows 10 Home dan Pro agar Anda bisa memilih versi yang tepat sesuai dengan kebutuhan

Komparasi Fitur Windows 10 Pro vs. Home

FiturHomePro
Windows start menuAdaAda
CortanaAdaAda
Windows Store AppsAdaAda
Windows InkAdaAda
Windows HelloAdaAda
Programs outside the Windows StoreAdaAda
Hyper-VTidakAda
BitLockerTidakAda
Windows Update for BusinessTidakAda
Remote DesktopTidakAda
Assigned AccessTidakAda

Dari tabel komparasi diatas, setidaknya kita melihat ada lima fitur yang menjadi pembeda antara versi Home dan versi Pro. Kelima fitur tersebut antara lain adalah keberadaaan Hyper-V, BitLocker, Microsoft Update for Business, Remote Dekstop dan Assigned Acess.

Nah kelima perbedan fitur tersebut yang akan kami bahas lebih lanjut.

Apa itu Hyper-V?

Secara sederhana, Hyper-V merupakan sebuah fitur untuk Virtualisasi Server yang hadir untuk meningkatkan pemanfaatan utilisasi infrastruktur di perusahaan.

Bagi Anda pengguna laptop atau komputer untuk sekadar melakukan aktifitas harian, fitur ini sangatlah tidak Anda butuhkan.

Apa itu BitLocker?

BitLocker adalah fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk mengenkripsi drive menggunakan enkripsi AES (Advanced Encryption Standard).

Fitur ini biasanya sangat cocok bagi berusahaan atau para pekerja di bidang IT.

Apa itu Windows Update for Business?

Windows Update for Bussiness adalah sebuah fitur yang memungkinkan para profesional di bidang IT untuk memanfaatkan layanan Pembaruan Windows berbasis cloud.

Apa itu Remote Desktop?

Remote Dekstop adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk terkoneksi ke mesin virtual (komputer virtual) dari jarak jauh. Fitur ini juga umumnya hanya digunakan oleh para profesional di bidang IT.

Apa itu Assigned Access?

Assigned Access adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk bisa membatasi akses ke pengguna tertentu.

Misalnya saja saat Anda ingin meminjamkan komputer Anda ke anggota keluarga atau teman, Anda bisa membuat akun baru dan memberi mereka akses untuk menggunakan aplikasi tertentu saja. Dengan begitu, komputer Anda aman dari tangan jahil jika sedang berada di tangan orang lain.

Mana yang Terbaik?

Pada dasarnya, semua versi Windows 10 memiliki fitur utama yang sama, hal yang membedakan ada pada beberapa fitur tambahan yang ada pada setiap versinya. Dari kelima fitur tambahan yang disebutkan diatas pun, tidak semuanya juga penting bagi Anda pengguna komputer atau rumahan. Mungkin satu-satunya fitur yang bisa bermanfaat bagi Anda adalah fitur Assigned Access.

Jadi bagi Anda yang hanyak menggunakan komputer atau laptop untuk aktivitas harian dan penggunaan pribadi, Windows 10 versi Home sudah sangat cukup untuk menunjang aktivitas harian Anda.

Namun jika komputer atau laptop Anda sering berpindah-pindah tangan dan ada data penting yang Anda takut terhapus oleh penggunaan orang lain, maka Windows 10 Pro bisa menjadi pilihan yang tepat karena terdapat fitur assigned access.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *